Pages

Selasa, 20 November 2012

KOMPONEN ROUTER









1. CPU ( Central Processing Unit )
     Berfungsi mengeksekusi instruksi pada Operating System. Fungsi yang lain adalah inisialisasi sistem,fungsi routing an network interface. Router yang besar memiliki beberapa CPU.

2. RAM ( Random Access Memory )
     Digunakan untuk informasi routing table, fast switching cache, running configuration dan packet queque. RAM biasanya dibagi menjadi 2 secara logik yaitu memori processor utama & memory shared input/output (I/O). Memory shared I/O adalah berbagi antara berbagai interface I/O untuk menyimpan paket secara sementara. Isi RAM akan hilang begitu power dari router dimatikan.

3. Flash
     Digunakan untuk menyimpan keseluruhan IOS ( Internetworking Operating System ) software image. Router umumnya mencari operating system pada Flash. IOS dapat diupgrade dengan mengisi IOS baru pada Flash. IOS mungkin berbentuk compressed & uncompressed

4. NVRAM ( Nonvolatile Random Access Memory )
     Digunakan untuk menyimpan starup configuration. Dibeberapa perangkat NVRAM diimplementsikan menggunakan EEPROM yang terpisah dari perangkat tersebut.

5. BUS
     Kebanyakan router berisi sebuah System bus & CPU bus. Sistem bus digunakan untuk komunikasi diantara CPU & Interface. System bus mengirimkan data dari & ke Interface. CPU bus digunakan oleh CPU untuk mengakses komponen dari media penyimpanan router.

6. ROM ( Read Only Memory )
     Digunakan untuk menyimpan permanen starup diagnostic code ( ROM Monitor ). Tugas utama untuk ROM adalah diagnosis hardware selama router melkukan bootup & memindahkan software IOS dari Flash ke RAM.

7. Interface
     Interface adalah koneksi router keluar. Ada 3 tipe interface yaitu Local Area Network ( LAN ),Wide Area Network ( WAN ) & Managemet. Interface LAN biasanya berupa salah satu dari jenis Ethernet / Token ring. Interface WAN termasuk serial, ISDN & Integrated Channel Service Unit ( CSU ). Management port berisi port Console dan AUX adalh port serial yang digunakan untuk menghubungkan router dengan administraor. Port ini bukan merupakan port jaringan. Port ini menggunakan aplikasi tertentu yang dijalankan pada sebuah kompoter yang dihubungkan melalui port komunikasi pada komputer / menggunakan modem.

8. Power Supply
    Berfungsi menyediakan power yang dibutuhkan untuk mengoperasikan komponen intrnal.


3 komentar: