Pages

Selasa, 20 November 2012

SISTEM OPERASI




Selama ini kita memakai komputer, tanpa tahu apa saja sih sistem opersi itu ???

Sistem Operasi ( SO ) / Operating System ( OS ) Adalah Pengkat lunak yang berfungsi sebagai jembatan antara aplikasi dan perangkat keras dimana aplikasi tersebut dijalankan.

Fungsi Sistem Operasi:
1. Resource Manager. 
Fungsi ini untuk mengalokasikan sumber daya, seperti memori,CPU,Printer,Disk Drive dan perangkat lainya.
2. Interface. 
Fungsi ini adalah sebagai perantara antara pengguna dengan hardware untuk menyediakan lingkungan yang bersahabat ( user friendly ). Pengguna tidak memiliki kekhawatiran untuk mengopersikan perangkat level bawah.
3. Coordinator. 
Fungsi ini untuk menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur untuk dikerjkan dalam urutan yang telah disusun sebelumnya.
4. Guardian. 
Fungsi ini untuk menyediakan kontrol akses untuk melindungi filedan memberi pengawasan pada pembacaan/penulisan/eksekusi data & program.
5. Gate Keeper
Fungsi ini adalah untuk mengendalikan siapa saja yang berhak masuk ( log ) ke dalam sistem dan mengawasi tindakan apa saja yang dapat mereka kerjakan ketika telah log dalam sistem.
6. Optimizer. 
Fungsi ini adalah untuk menjadwalkan pemasukan ( input ) oleh pengguna,penggaksesan basis data, proses komputasi & pengeluaran ( output ) untuk meningkatkan kegunaan.
7. Accountant.
 Fungsi ini mengatur waktu CPU,penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage,dan waktu koneksi terminal.
8. Server.
 Fungsi ini adalah untuk menyediakan layanan yang sering dibutuhkan pengguna,baik secara eksplisit maupun implisit.

itu adalah sedikit dari fungsi Sistem Opersi,dan dibawah ini adalah sedikit sejarah tentang Sistem Operasi!!! 


Pada tahun 1945-1955,adalah generasi pertama sistem operasi. Awalnya perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
Lalu pada tahun 1955-1965 yaitu generasi kedua. Memperkenalkan Batch Processing System, yaitu JOB yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi,tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS & IBSYS.
Berikutnya pada tahun 1965-1980( generasi ketiga ) Pada perkembangan sistem operasi dikembangkn untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer, maka sistem operasi menjadi multiuser ( digunakan banyak pengguna sekaligus ) & multi-pro-gramming ( melayani banyak program sekaligus ).
Lalu Pasca 1980an.sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lain

0 komentar:

Posting Komentar